Ini Langkah Youtuber Menghasilkan Uang dari Channel-nya

Sebagai pemirsa YouTube, kamu kemungkinan kerap bertanya tentang pekerjaan sebagai YouTuber. Kerjanya berat, mereka perlu teratur up-date content di channel-nya untuk datangkan penonton yang banyak.

Beberapa salah satunya juga harus mengocek dompet dalam-dalam untuk beli beberapa alat tembakan yang baik seperti camera, netbook, tripod, dan sebagainya.

Apa mereka melakukan dengan sia-sia? Atau apa ada sumber pendapatan mereka dari aktivitas ngeyoutube itu?

Jawabnya: dapat kekeduanya.

Pertama, untuk YouTuber pemula yang baru mempunyai beberapa ratus subscribers, umumnya tidak dapat mendapatkan uang.

Ini karena sulit memonetisasi account YouTube jika penontonnya masih tetap sedikit. Ditambahkan lagi, ada peraturan terkini YouTube yang menyulitkan YouTuber pemula untuk mendapatkan uang (ini akan kita ulas kelak).

Ke-2 , ya, untuk YouTuber kelas kakap yang telah mempunyai komune tertentu, menghasilkan uang dari YouTube dapat disebut masalah mudah.

Dalam kata lain, makin tinggi reputasi satu kanal, semakin gampang juga untuk dimonetisasinya. Berikut ialah sejumlah sumber pendapatan YouTuber yang terpopuler.

Cara Youtuber Hasilkan Duit dari Channel-nya

Google AdSense

Ini ialah kebun pendapatan yang tersering dipakai youtuber.

AdSense ialah jaringan advertensi paling besar punya perusahaan raksasa Google. Pendeknya, kita dapat mendapatkan uang dari AdSense dengan menyiarkan iklan. Iklan ini sendiri datang dari pengiklan (beberapa perusahaan yang bekerja bersama dengan AdSense).

Saat kamu menyiarkan beberapa iklan pengiklan, kamu akan dikasih komisi oleh Google AdSense. Komisi ini tidak konstan alias dapat beralih-alih. Umumnya, publishers (penayang iklan) akan mendapatkan 55 % dari iklan yang disiarkan itu. Uang akan cair jika pemirsa mengeklik iklan itu.

Sebagai contoh, bila pengiklan menghargakan per click iklannya Rp1.000, karena itu penerbit/publisher akan memperoleh Rp550. Ucapkanlah dalam satu hari ada 100 orang yang mengeklik, karena itu dalam satu hari dapat Rp55.000.

Penulis percaya kamu tentu pernah menyaksikan diskusi iklan Skip Ad saat melihat video YouTube tertentu. Sebenarnya, itu adalah slots iklan yang disiapkan AdSense di YouTube. Saat kamu melihat iklan itu, sadar tidak sadar kamu sedang menyalurkan uang ke dompet YouTuber itu.

Selainnya Skip Ad, pola iklan yang lain disiapkan AdSense ialah pop-up, display ads, dan true view in-display ads.

Endorse

Selainnya memasangkan iklan, beberapa youtuber mendapatkan uang melalui endorsement alias mempromokan produk atau jasa seseorang di videonya.

Umumnya, youtuber mempromokan produk atau jasa itu lewat narasi. Misalkan, pengalaman memakai produk itu, atau membuat video gurauan.

Atau seperti PewDiePie, pada tiap deskripsi video yang dia bikin, selalu memberikan merek-merek perlengkapan yang dipakainya saat tembakan.

Pasti, tidak sembarangan kanal dapat memperoleh penawaran endorsement ini. Umumnya, beberapa perusahaan cuman ingin meng-endorse kanal-channel yang telah mempunyai komune besar.

Berjualan Sendiri

Langkah youtuber mendapatkan uang seterusnya dengan mempromokan merk yang ia jual sendiri. Ini dapat dilaksanakan karena marketing lewat YouTube sangat efisien.

Contoh youtuber yang lakukan hal itu ialah Hydraulic Press VS.

Dalam contoh video di atas, mereka memperlihatkan bagaimana produk Hydraulic Press-nya sanggup merusak berlian murni dengan sekali babat.

Otomatis, mereka sudah mempromokan produk mereka secara baik. Videonya sudah dilihat sekitar 30 juta kali. Beberapa orang terpana lewat produk yang mereka bikin.

Interview

Langkah lain youtuber menghasilkan uang ialah intervew. Beberapa media di tv kerap mengundang youtuber tertentu untuk acara interviu mereka.

Misalkan, Sapa Indonesia dari Kompas TV pernah mengundang Skinnyfabs sesudah videonya yang dengan judul Suara dibalik masalah ujian listening jadi trending di YouTube.

Sangat banyak youtuber-youtuber Indonesia yng pernah jadi pembicara di beberapa media lokal. Misalkan, Tara Arts!, Reza Arap, Jess No Limit, Agung Hapsah, dan sebagainya.

Berkolaburasi

Seterusnya, youtuber mendapatkan uang dengan kolaburasi atau kerap disebutkan colabs.

Banyak youtuber yang mengundang youtuber populer untuk berkolaburasi sama mereka. Pasti, untuk ajak kolaburasi youtuber populer dikenai ongkos yang cukup banyak.

Arah mengundang youtuber populer itu ialah menarik orang melihat videonya. Sudah pasti orang akan makin tertarik melihat video bila ada aktris kesukaannya di video itu.

Itu beberapa cara youtuber mendapatkan uang dari kanal-nya. Bagaimana? Ingin ikuti tapak jejak mereka?

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.