Cara Meningkatkan Kecepatan Wi-Fi dan Kualitas Sinyal

Di lingkungan rumah tangga, permasalahan saat mendapati jangkauan atau kecepatan WiFi yang bagus bisa benar-benar bikin pusing. Meskipun mengganti operator bisa jadi jalan keluar yang gampang, tetapi sebelumnya, ada pula banyak hal yang dapat kalian coba di dalam rumah untuk tingkatkan jaringan WiFi kalian.

Malah yang hendak kami kerjakan ini hari ialah merekomendasikan beberapa jalan keluar simpel yang bisa kalian coba saat sebelum membuat keputusan lain. Silahkan kita awali dengan beberapa dasar seperti peletakan router, tapi kami akan mengatakan beberapa piranti yang bisa kalian membeli untuk tingkatkan capaian.

Daftar Langkah Terbaik untuk Tingkatkan Kecepatan WiFi dan Kualitas Signal Secara Keseluruh

Maka saat ini tanpa buang beberapa waktu, silahkan kita awali dan menelusuri semua posting keterangan yang sudah kami sebut berikut ini.

1. Gunakan WiFi Extender

WiFi Extender atau Repeater ialah piranti yang memungkinkannya kalian untuk bawa signal jaringan Internet lewat kabel rumah kalian.

Mi WiFi Extender

Dengan langkah ini, bila kalian mempunyai router dalam suatu ruang dan signal tidak capai ruang, kalian bisa membawa lewat colokan untuk mempunyai capaian signal yang semakin banyak.

Salah satu hal yang perlu kami kerjakan ialah menyambungkan router kami ke emitor paket PLC kalian lewat kabel Ethernet dan menyambungkan ekstender ke toko paling dekat. Selanjutnya, colokkan extender ke stopkontak lain di dalam rumah kalian. Ini akan bertindak selaku router.

Dan, kami mempunyai repeater, yang tangkap signal dari jaringan WiFi yang ada untuk meluaskannya ke tempat yang bertambah luas.

2. Taruh router di status maksimal

Sering, beberapa mekanik yang memasangkan router kalian terbatas untuk meletakkannya sedekat kemungkinan dengan jaringan telepon rumah atau computer yang kalian pakai. Tetapi, ini tidak selamanya sebagai status maksimal untuk tutupi tempat semaksimal kemungkinan di dalam rumah kalian.

Untuk ini, anjuran pertama ialah tempatkan router di lokasi sentra di dalam rumah kalian, baik secara vertikal bila kalian mempunyai beberapa lantai atau horizontal.

Pikirkan lingkupnya sebagai lingkaran disekitaran router. Bila kalian menempatkannya di salah satunya pojok rumah, signal akan capai sedikit ke sisi lain dari rumah, tapi bila kalian menempatkannya di tengah-tengah, itu akan capai semua pojok secara lebih homogen.

3. Tentukan di antara WiFi 2,4 GHz dan 5 GHz ban

Bila kalian mempunyai router dual-band, semakin lebih gampang untuk ketahui kapan harus menyambungkan piranti kalian ke pita 2,4 GHz dan pita 5 GHz. Ini karena masing-masing dari ke-2 band ini mempunyai karakter yang lain.

Tentukan di antara  WiFi 2,4 GHz dan 5 GHz ban

Pita 2,4 GHz umumnya mempunyai semakin banyak intervensi, yang membuat jaringan jadi lebih lamban, dan mempunyai semakin sedikit aliran, hingga semua piranti merebutkan ruangan yang paling kecil.

Pita WiFi 2,4 GHz mempunyai kecepatan jaringan maksimal yang lebih rendah tapi capaian yang lebih kuat dibanding pita 5 GHz.

Kebalikannya, pita 5 GHz mempunyai semakin banyak aliran untuk dialokasikan antara piranti dan kecepatan jaringan maksimal yang semakin tinggi. Tetapi, point negatifnya ialah semakin banyak permasalahan menangani kendala seperti dinding, hingga lingkupnya umumnya lebih rendah dalam beberapa kasus, sama seperti yang kami ucapkan awalnya.

Dalam pada itu, pita 2,4 GHz dapat semakin pas untuk piranti yang capaiannya lebih bernilai, seperti handphone dan tablet.

Tetapi ini cuman beberapa asumsi; sesudah kalian ketahui beberapa fiturnya, kalian bisa putuskan piranti yang mana harus kalian hubungkan ke jaringan mana bergantung pada keperluan kalian.

4. Taruh antena dengan baik

Bila router kalian mempunyai antena, kalian harus juga meletakkannya secara benar. Umumnya pada mereka tidak pancarkan gelombang dengan intensif yang serupa ke semua arah, jadi bukannya lingkaran konsentris, mereka melakukan lebih berbentuk donat yang megar, mencapai lebih jauh secara horizontal dibanding vertikal.

Untuk argumen ini, umumnya dianjurkan untuk menempatkan antena secara vertikal hingga signal semakin makin tambah meluas secara horizontal pada sektor yang serupa.

Di dalam rumah dengan beberapa lantai, kalian kemungkinan ingin sedikit memiringkan antena (sekitaran 45 derajat) hingga signal mengucur secara baik ke bawah atau ke atas.

Pada intinya, kalian harus coba komposisi yang lain sampai kalian mendapati yang paling sesuai keadaan kalian, tapi kemungkinan yang terpenting untuk dikenang ialah jika antena semakin kuat di seginya dibanding di ujungnya.

5. Selalu Jagalah Password WiFi

Pelindungan Kata Kode pada WiFi penting belakangan ini. Ini bukan hanya menghindari peretas, tapi juga memblok tetangga kalian dari terhubung jaringan kalian.

Selalu Jagalah Password WiFi

Bila WiFi kalian dibagi sama orang lain, karena itu kalian akan memperoleh kecepatan lamban. Maka, bila kalian memperoleh kecepatan lamban walau mempunyai signal yang bagus, kalian perlu mengecek piranti yang tersambung.

6. Instal Driver WLAN yang benar

Driver WLAN atau driver WiFi ialah program piranti lunak yang memungkinkannya computer jalankan dan mengonfigurasikan piranti WLAN. Memasang driver WiFi yang betul akan pastikan sambungan internet tanpa masalah dan kecepatan yang lebih bagus.

Instal Driver WLAN yang benar

Kadang, driver WiFi yang lewat waktu atau hancur mengakibatkan jaringan terputus. Maka, yakinkan untuk memasang driver WiFi yang betul.

7. Hapus Perangkat yang Tersambung ke WiFi

Nach, sistem ini tidak tingkatkan signal WiFi, tapi tingkatkan kecepatan. Bila kalian memperoleh kecepatan lamban, peluang piranti lain kemungkinan memakai sambungan WiFi kalian.

Maka bila kalian memperoleh kecepatan WiFi yang lamban, hal pertama kali yang bisa kalian kerjakan ialah mengecek piranti yang tersambung. kalian bisa memakai piranti lunak faksi ke-3 untuk mengecek piranti yang tersambung ke jaringan WiFi kalian.

8. Check Task Manager

Nach, bila internet di PC atau netbook kalian lamban, tapi piranti lain terlihat baik saja, karena itu kalian perlu mengecek Task Manajer. Cukup check kegiatan background program.

 Task Manager

Check apa Windows mengambil penyempurnaan di background atau mungkin tidak. Bila program tertentu disetel ke model penyempurnaan automatis, karena itu kalian harus hentikan penyempurnaan automatis.

9. Restart Router

Memang, me-restart router kalian kadang tidak bisa membenahi permasalahan internet. Tetapi, tidak dapat percepat internet yang telah lelet.

Restart Router

Tetapi, bila kalian memperoleh kecepatan lamban karena aliran yang sesak penuh, karena itu re-boot kemungkinan menolong. Re-boot kemungkinan menolong karena memaksakan router untuk pilih aliran terbaik dengan masalah sedikitnya sepanjang bootup.

Akhir Kata

Maka artikel ini ialah mengenai langkah tingkatkan kecepatan WiFi dan kualitas signal keseluruhannya. Saya berharap artikel ini menolong kalian! Silahkan share dengan rekan-rekan kalian pun. Bila kalian mempunyai kebimbangan berkaitan sama ini, beritahu kami di kotak komentar di bawah.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.